Ads (728x90)

Tahukah Anda bahwa kandungan protein kedelai merupakan yang paling tinggi di antara jenis tumbuhan kacang-kacangan lainnya? Mungkin sebagian sudah ada yang tahu, namun tentunya banyak juga yang belum mengetahuinya. Dalam artikel ini, penulis akan mengulas kandungan protein kedelai yang sangat bermanfaat.

kandungan protein kedelai


KANDUNGAN PROTEIN KEDELAI

Namun, sebelum membahas kandungan protein kedelai lebih jauh, mari kita bahas sedikit tentang protein. Siapa yang tidak pernah mendengar istilah protein? Protein sangat diperlukan oleh tubuh untuk berbagai macam keperluan. Fungsi protein adalah sebagai pengganti senyawa yang hilang dari tubuh.

Selain itu, protein juga berfungsi sebagai juga pembentuk dan penumbuh jaringan baru dalam tubuh, baik pada masa balita, anak-anak, maupun remaja. Protein juga membantu pemulihan kondisi tubuh selama masa hamil dan menyusui, serta setelah sembuh dari sakit.

RATA-RATA KONSUMSI

Konsumsi protein rakyat Indonesia rata-rata sekitar 40 hingga 50 gram per-kapita per-hari. Sebagian besar (sekitar 90 persen) sumber utama protein yang dikonsumsi berasal dari bahan pangan nabati.

Beras memberi sumbangan terbesar, sekitar 50 persen dari semua protein yang dikonsumsi. Dilanjutkan dengan kacang-kacangan, sedangkan yang paling kecil kontribusinya adalah produk hewani seperti daging, ikan, telur dan juga susu.

Kebutuhan harian minimal seseorang terhadap protein adalah sekitar satu gram per-kilo berat badan. Jadi, bila seseorang mempunyai berat badan 50 kilogram, diperlukan sekitar 50 gram protein per hari. Data yang telah disampaikan di atas membuktikan bahwa konsumsi protein rakyat Indonesia belum memenuhi apa yang ditargetkan, yaitu sekitar 55 gram per kapita per hari. Oleh karena itu, masalah kekurangan energi protein, masih sering kali dijumpai di Indonesia.