Ads (728x90)

Produk Kedelai Unggul - Pada dasarnya baik kedelai utuh ataupun produk olahannya dapat kita jadikan sebagai pemasok antioksidan sekunder, namun tentu saja kita ingin mendapatkan manfaat yang lebih sempurna dari menu yang kita pilih. Untuk itu kita harus pandai memilih produk olahan kedelai mana yang baik untuk kita konsumsi.

produk kedelai unggul

KEDELAI UTUH DAN KEDELAI OLAHAN

Kedelai yang masih utuh memiliki kandungan nutrisi yang relatif utuh, sayang banyak mengandung zat antigizi yang mengganggu penyerapan zat gizi lainnya. Zat antigizi tersebut berupa asam fitat. Keberadaannya dapat menghambat penyerapan kalsium dan zat besi yang merupakan mineral makro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Karena itu, jika tujuan Anda ingin memperoleh kedua mineral tersebut, maka sangat dianjurkan agar Anda tidak mengonsumsi kedelai utuh. Sebagai penggantinya Anda harus mengonsumsi olahan kedelai hasil fermentasi, seperti tempe, miso, kecap, tauco, dan sebagainya.
Meskipun merupakan zat antigizi, sesungguhnya asam fitat memiliki peran penting bagi tubuh kita. Asam fitat adalah antioksidan. Keberadaannya dapat melindungi biji kedelai dari kerusakan. Selain itu, asam fitat juga merupakan antioksidan bagi yang mengonsumsi biji tersebut. Asam fitat merupakan chelator yang mengikat molekul radikal bebas karsinogenik yang merangsang pertumbuhan tumor. Di satu sisi asam fitat menghambat serapan zat lain yang berguna, namun di lain pihak berguna.
Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimum dari seluruh zat yang terdapat pada kedelai, kita harus menghilangkan zat antigizi yang dikandungnya. Beberapa teknik yang bermanfaat untuk menghilangkan zat antigizi pada kedelai, yakni dengan merendam hingga tumbuh menjadi kecambah atau setidaknya telah merekah (berimbibisi), merebus dan membuang kulitnya, serta melakukan fermentasi. Meskipun sebagian isoflavonnya telah hilang saat diolah, namun tahu dan tempe memiliki biovialitas isoflavon yang lebih tinggi dibanding kedelai yang masih utuh.

Karena itu, tempe dan tahu dapat kita jadikan sebagai makanan unggulan untuk menambah pasokan antioksidan bagi tubuh.

Posting Komentar